Selamat datang di Puzzle Inc. Design
Lebih dekat dengan Puzzle Inc. Design di sini
Pilih kebutuhan anda
Desain Blogger Template

Lihat dan temukan desain template dari Puzzle Inc. yang belum pernah anda lihat sebelumnya, jadikan blogger anda lebih dari sekedar blog biasa dengan bantuan dari Puzzle Inc.
Desain Hang Tag

Ingin membranding butik kamu sendiri? Puzzle Inc siap membantu anda dengan desain hang tag yang unik dan kreatif, jadikan tokomi lebih professional bersama kami.

Perbandingan Blogger Vs Wordpress, Siapa pemenangnya?

perbandingan blogger vs wordpress
Perbandingan Blogger Vs Wordpress, Siapa pemenangnya? - Blogging saat ini menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan setiap hari bagi sebagian orang, terlebih bagi orang-orang yang sering berinteraksi dengan internet. Motivasi orang-prang untuk ngeblog juga bermacam-macam, dari yang hanya ingin menjadikan blog sebagai buku harian pribadi untuk membagi pengalaman hidup, sebagai media untuk berbagi berbagi ide dengan semua orang sampai sebagai media untung mencari tambahan uang, untuk yan terakhir ini tidak jarang para blogger menjadikan pemasukan dari blognya sebagai mata pencaharian utama.

Berbicara tentang blog pasti akan menyinggung platform blog apa yang akan di gunakan. Untuk saat ini ada beberapa platform blog yang dapat anda gunakan dengan gratis, namun di antara berbagai platform tersebut ada 2 yang paling terkenal yaitu blogspot dari google atau biasa di sebut dengan blogger dan wordpress. Kedua platform blog ini sekarang menduduki peringkat teratas platform blog terfavorit yang paling banyak di gunakan, selain berbagai macam kemudahan juga banyaknya template blog gratis yang tersedia.

Biasanya pilihan platform blog pertama yang di gunakan oleh seorang blogger akan menjadi platform favoritnya untuk waktu yang lama, kecuali orang tersebut menemukan kendala yang cukup berarti suatu hari. Pada awalnya penulis menggunakan blogspot untuk belajar blogging tetapi pada perkembangannya kebutuhan penulis tidak dapat di akomodasi oleh satu platform blog saja, sebenarnya apa sih keunggulan dan kelebihan dari blogspot dan wordpres? Dan siapakah yang terbaik? Untuk itulah masi kita bahas perbandingan blogger vs wordpress di bawah :

Dashboard

  • Blogspot : Saat ini blogspot telah mempunyai tampilan dashboard baru, penulis merasakan dasboard baru ini lebih mudah di gunakan dan lebih responsif karena telah menggunakan teknologi AJAX, tetapi untuk dapat menikmati dashboard baru ini javascrip pada browser harus dalam keadaan aktif
  • Wordpress : Tampilan dashboard yang di gunakan oleh wordpress belum mengalami banyak perubahan yang berarti hal ini sekalugus memudahkan user karena tidak perlu menyesuaikan diri dengan dashboard baru

Kustomisasi Tema

  • Blogspot : Untuk mempercantik tampilan blog banyak blogger yang mengganti tampilannya dengan desain sendiri maupun dari template yang tersedia di internet, bagi anda yang mempunyai kemampuan lebih dalam pemrograman website template blogger ini dapat di ubah sedemikian rupa hingga akar-akarnya.
  • Wordpress : Tampilan blog pada wordpress hanya dapat diubah apabila anda menggunakan wordpress self hosting yang anda host di server anda sendiri, apabila ana hanya menggunakan layanan gratis dari wordpress anda hanya akan mendapatkan beberapa template standar yang dapat anda gunakan.

Import artikel

  • Blogspot : Blogspot hanya dapat mengimport artikel dari blog lain yang sama-sama menggunakan blogspot.
  • Wordpress : Untuk urusan import artikel wordperss lebih baik, anda dapat memindahkan dan mengkopi artikel anda dari Wordpress lain, typepad, yahoo 360, Tumblr maupun blogger.

Penyimpanan Gambar

  • Blogspot : Penyimpanan gambar yang disediakan oleh blogspot dalam satu akun adalah sebesar 1GB, blogger juga tidak punya dashboard khusus untuk melihat file apa saja yang sudah anda upload sebelumnya, jai mungkin anda akan sedikit kesulitan untuk mencari gambar atau foto lama anda.
  • Wordpress : Untuk urusan penyimpanan gambar Wordpress menyediakan ruang sampai 3GB, dan pada dashboard wordpress juga telah menyediakan tampilan untuk pencarian gabar-gambar lama anda yang telah anda upload.

Post By Email

Blogspot dan Wordpress telah sama-sama dapat menerima posting yang dikirimkan melalui email untuk langsung dipajang di blog, fitur ini memudahkan anda apabila blog yang anda miliki mempunyai penulis lepas selain anda.

Iklan

  • Blogspot : Untuk urusan iklan-mengiklan sebagai tambahan pencarian anda blogger lebih mudah digunakan karena faktor blogger yang merupakan anak perusahaan google jadi anda dapat dengan mudah memasang iklan dari adsense di blog anda, dimana anda akan dibayar setiap ada orang yang mengklik iklan yang terdapat di blog anda, hal ini mungkin dapat anda jadikan sebagai usaha sampingan anda
  • Wordpress : Kebijakan dari wordpress untuk melarang pemasangan iklan dalam setiap akun yang di buat mungkin akan sedikit menyulitkan anda dalam hal ini. Untuk dapat memasang iklan di blog anda sendiri danda dapat menggunakan wordpress self hosting.

Kesimpulan

Demikian beberapa penjelasan perbandingan blog antara wordpress dengan blogspot yang wajib anda ketahui sebelum membuat blog. Apabila di lihat lebih jauh ada kelebihan dan kekurangan tersendiri dari masing-masing platform blog, oleh karena itu mungkin kita tidak bisa mengatakan siapa yang terbaik, tetapi lebih tepat apabila kita memilih sesuai dengan keperluan, apabila anda ingin blog yang dapat diganti templatenya dengan mudah dan mencari penghasilan tambahan melalui iklan anda dapat menggunakan blogspot.

Untuk anda yang menginginkan kemudahan dalam penggunaan mungkin anda dapat menggunakan wordpres.
Khusus untuk anda yang memiliki kemampuan lebih dalam hal pemrograman website mugnkin Wordpress yang anda hosting sendiri dapat menjadi pilihan alternatif karena meiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kedua platform blog di atas.

Untuk selanjutnya jangan ragu untuk mencoba, dan langsung praktek, karena dengan praktek anda akan merasakan sendiri kelebihan dan kekurangan kedia platform blog di atas dan dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda, baca artikel Cara membuat blog di blogspot untuk tutorial membuat blog di blogger.


Article Information:
Perbandingan Blogger Vs Wordpress
Reviewer Puzzle Inc. Design pada .
Perbandingan Blogger Vs Wordpress
Perbandingan membuat blog di blogger dengan di wordpres, mana yang terbaik?
Rating: 5

14 komentar:

  1. Blogspot yach lebih baik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti yang sudah di jelaskan di atas,tergantung kebutuhan dan kenyamanan masing-masing blogger.. :)

      Hapus
  2. kalo ane lebih nyampan pake blogger, tp apapun blognya yg penting enjoy gan.

    BalasHapus
  3. menurut saya 2 provider blog ini sama sama memeliki kelebihan yang bagus, tapi sebenarnya lebih enak wordpress karena di wordpress untuk membaca traffic itu lebih mudah dimengerti dibandingkan dengan blogger. 3 kelemahan di wordpress yang sangat disayangkan
    1. tidak support adsense
    2. custom css berbayar
    3. kurang bebas dalam html code contohnya iframe tdak support
    ini sedikit komentar yang dapat saya berikan terima kasih
    kunjungi blog saya juga di www.arsipmerahputih.wordpress.com

    BalasHapus
  4. Sedikit menambahkan saja, blogger tidak menyediakan dashboard untuk melihat file gambar yang diupload memang benar, namun kita bisa melihat semua file gambar yang diupload di picasaweb.google.com. Saya sendiri lebih suka pakai blogger daripada wordpress :D

    Panduaji.net

    BalasHapus
  5. Wahh ilmu nih gan,sebagai penguna yg awam saya merasa terbantu!!
    Tp mungkin yg akan saya tnyakan!!
    Klo buat usaha atau bisnis sampingan atau apa di sebutnya itu,gimana ya gan??
    Trus klo mau di modif biar agak menarik gimana??
    Okeh segitu aja gan dari saya,info.y bermanfaat!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisnis sampingan gimana mskdunys mas? Adsense? Kalau untuk adsense lebih prefer ke blogsspot, untuk modif biar menarik di wordpress harus self hosting, kalau di blogger tinggal buka di dasboard setelah itu utak-atik sendiri

      Hapus
  6. Kalau ane sendiri sih lebih suka menggunakan blogger karena templatenya lebih gampang diotak-atik. Sedangkan untuk wordpress saya merasa platform ini lebih seo friendly daripada blogger

    afikrubik.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Blog terbaik adalah blogger gan.

    BalasHapus
  8. blogger masih menjadi pilihan ane untuk saat ini..
    tapi dalam perbandingan diatas yang ane tanyakan adalah...
    apa benar kapasitas penyimpanan image di blogger sebesar 1 GB?
    kalau saya rasa sih itu unlimite,,,

    CMIIW

    BalasHapus
  9. enakan blogger (menurut q), pakai wordpress malah bingung gan

    BalasHapus
  10. Untuk melihat gambar apa saja yang sudah kita upload sebelumnya ke Blogger, masuk saja ke picasaweb.google.com menggunakan akun kita.

    BalasHapus
  11. buat anak sekolah sih bagusnya yang wordpress.. mudah di pahami... yg paling penting gak ada Iklannya, kadang kalo liat blog pasti muncul iklan, malah kadang iklan dewasa, coba bayangin gimana buat anak" di bawah umur ntar :D

    BalasHapus

ShareThis

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...